Just another WordPress.com site

Why Teh Botol Sosro?
PT Sosro berdiri pada tahun 1974, PT. Sinar Sosro merupakan Perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia.
Dasar filosofi PT. Sinar Sosro adalah niat baik yang dijabarkan dalam 3K dan RL :
  • Peduli terhadap Kualitas
  • Peduli terhadap KEAMANAN
  • Peduli terhadap KESEHATAN
  • Serta RAMAH LINGKUNGAN
Keterangan untuk Produk dari PT. Sinar Sosro :
  • Teh botol Sosro menggunakan bahan baku : air, gula industri dan teh hijau yang dicampur dengan bunga melati dan bunga gambir (dikenal dengan teh wangi).

Bahan baku teh untuk produk-produk PT. SINAR SOSRO disuplai oleh PT. GUNUNG SLAMAT, sedangkan bahan baku teh tersebut dikelolah oleh PT. AGRO PANGAN selaku sister company. Bahan baku teh untuk PT. Sinar Sosro berasal dari:

  • Perkebunan Teh Gunung Rosa di Cianjur
  • Perkebunan Teh Gunung Manik di Cianjur
  • Perkebunan Teh Gunung Cempaka di Cianjur
  • Perkebunan Teh Gunung Satria di Garut
  • Perkebunan Teh Daerah Neglasari di Garut
  • Perkebunan Teh Daerah Cukul di Pangalengan
  • Perkebunan Teh Daerah Sambawa di Tasikmalaya

Kesegaran, rasa serta higinitas dari produk menjadi salah satu konsentrasi PT. SINAR SOSRO dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Sejarah Perusahaan

Sosro merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yaitu SOSRODJOJO.

Pada Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.

Pada Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah wilayah Ibukota Jakarta untuk memperkenalkan Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.

Perjalanan memperkenalkan produk Teh Cap Botol ini dimulai dengan melakukan strategi CICIP RASA (product sampling) ke beberapa pasar di Ibukota Jakarta.

Awalnya, datang ke pasar-pasar untuk memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara memasak dan menyeduh teh langsung di tempat. Setelah seduhan tersebut siap, teh tersebut dibagikan kepada orang-orang yang ada di pasar. Tetapi cara ini kurang berhasil karena teh yang telah diseduh terlalu panas dan proses penyajiannya terlampau lama sehingga pengunjung pasar yang ingin mencoba tidak sabar untuk menunggu.

Cara kedua, teh tidak lagi diseduh langsung di pasar tetapi dimasukkan ke dalam panci-panci besar untuk selanjutnya dibawa ke pasar dengan menggunakan mobil bak terbuka. Lagi-lagi cara ini kurang berhasil karena teh yang dibawa sebagian besar tumpah dalam perjalanan dari pabrik ke pasar. Hal ini disebabkan pada saat tersebut jalanan di Ibukota Jakarta masih berlubang dan belum sebagus sekarang.

Akhirnya muncul ide untuk membawa teh yang telah diseduh di pabrik, dikemas ke dalam botol yang sudah dibersihkan. Ternyata cara ini cukup menarik minat pengunjung karena selain praktis juga bisa langsung di konsumsi tanpa perlu menunggu tehnya dimasak seperti cara sebelumnya.

Pada tahun 1969 muncul gagasan untuk menjual teh siap minum dalam kemasan botol, dan pada tahun 1974 didirikan PT. Sinar Sosro yang merupakan pabrik teh siap minum dalam kemasan botol pertama di Indonesia dan di dunia.

Kemasan botol Teh Botol Sosro mengalami tiga kali perubahan :

Why Teh?

Kaisar Shen Nung

Kisah yang paling banyak ditulis tentang asal usul teh adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum masehi.

Kaisar Shen Nung terkenal bukan hanya sebagai seorang Kaisar tetapi juga disebut sebagai The Divine Healer (Sang penyembuh dari Illahi)

Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar juga sangat tidak disengaja ketika daun teh pertama dari tanaman teh yang ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh kedalam air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar. Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya saja yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Sejak itu Kaisar Shen Nung kerap meminum teh dan sejak itu juga teh menjadi populer di seluruh penjuru Cina.

Lu Yu

Untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan – temuan akan manfaat dan kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea.

Buku tersebut menggambarkan “Teh merupakan minuman yang membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran dan mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar serta meningkatkan kemampuan berpikir


New Innovation

Sebelum go international, Teh Botol Sosro harus melakukan beberapa innovasi. innovasinya adalah dengan membuat produk baru, yaitu Teh Susu. Teh Susu ini terbuat dari bahan2 teh tradisional yang dicampur dengan susu, jadi Teh Botol Sosro akan menjadi pembuat Teh yang berimagekan bahan2 traditional indonesia. Dengan bahan tradisional Teh dan Susu kalau begini, Indonesia juga bisa makin terkenal akan Teh tradisionalnya di dunia.

Lalu nanti di setiap tempat makan di dunia, para pelanggan selain bisa membeli Teh botol Sosro, mereka juga bisa membeli langsung Teh botol Sosro yang sudah dicampur dengan Susu menjadi Teh Susu Sosro.

Customer Segments

 

Customer Segment dari Teh Susu Sosro saat go international nanti tentu saja adalah semua orang dan especially para penggemar Teh.  Jadi para penggemar teh di seluruh dunia nanti ga perlu takut kehabisan atau ga bisa merasakan teh susu traditional yang enak.. karena ada Teh Susu Soro, the new thing for you.

Cost Structure

Cost paling besar akan dikeluarkan untuk keperluan promosi produk2 baru Teh Susu Soro, dan tentu saja karena baru jadi cost promotion akan membengkak, Marketing Cost juga termasuk di promotion cost. Segala biaya dalam bidang pembuatan dan distribusi juga akan mempengaruhi cost structure karena membutuhkan biaya cukup besar untuk membuat dan mendistribusikan produk ke retail-retail store.

Revenue

Pemasukan akan berasal dari penjualan-penjualan produk Teh Susu Sosro dari Teh Botol Sosro dan akan meningkat setiap tahunnya pada tahun-tahun berikutnya. Termasuk pemasukan dari iklan dan sponsor yang menggunakan produk dari Teh Susu Sosro.

Conclusion

Kesimpulannya?

Jadi dengan innovative business model untuk Teh Susu Sosro ini, saya akan membentuk image baru dari Teh Botol Sosro tanpa menghilangkan image lama mengenai produk teh traditional bertaraf international agar bisa sukses dan bisa go international.

Dikarenakan Teh Susu juga sangat digemari oleh banyak para penggemar teh di seluruh dunia. Jika Teh Botol Sosro dapat membuat innovasi baru dengan mencampur Susu di dalam kemasan produknya maka selain go international Teh Susu Sosro juga dapat memonopoli Pasar Dunia.

Demikian blog saya mengenai salah satu perusahaan Lokal di Indonesia yang dapat go international dengan beberapa innovasi yang ada.

Sekian dan Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: